Apa Itu Microsoft Edge - Cara Menggunakan Browser Edge

fakta tentang browser microsoft edge
Microsoft Edge, awalnya dikembangkan di bawah nama kode Project Spartan, adalah browser web yang dikembangkan oleh Microsoft dan disertakan dalam Windows 10, Windows 10 Mobile dan Xbox One, menggantikan Internet Explorer sebagai browser web standar pada semua kelas perangkat. Menurut Microsoft, browser ini dirancang untuk menjadi browser web ringan dan memiliki fitur baru, termasuk integrasi dengan Cortana, alat anotasi, dan mode reading (reading mode).

Edge tidak mendukung ActiveX atau Browser Helper Objects dari Internet Explorer. Dukungan ekstensi browser dikembangkan dan ditambahkan dalam pratinjau yang dibuat pada bulan Maret 2016, dan diluncurkan dengan Windows 10 Anniversary Update pada tanggal 2 Agustus 2016. Ekstensi Edge Microsoft didistribusikan melalui Windows Store.

Kehadiran Cortana

Cortana dibuat khusus untuk memperoleh informasi dengan cepat: meskipun Google bisa digunakan untuk melakukan pencarian informasi, namun dengan penambahan fitur Cortana di browser Edge Anda dapat memilih teks dan klik kanan untuk mendapatkan informasi, termasuk definisi kata, peta alamat, atau informasi tentang orang-orang terkenal. Tidak seperti pencarian Google, Anda bisa mendapatkan informasi ini tanpa harus meninggalkan halaman atau membuka tab baru.

Fitur Built-In Lainnya

Edge memungkinkan Anda menyimpan tangkapan layar (screenshot) halaman web dan menulis catatan pada mereka. Browser ini juga mencakup fitur reading list (daftar bacaan) yang memungkinkan Anda untuk menyimpan artikel untuk dibaca nanti. Chrome atau Firefox dapat melakukan ini dengan bantuan ekstensi, namun dengan Edge, fitur ini sudah dilengkapi.

Edge adalah satu-satunya browser yang tersedia sampai saat ini yang memungkinkan Anda untuk membubuhi keterangan pada halaman web tepat di layar dan kemudian menyimpan keterangan Anda sebagai note/catatan atau mengirimkannya ke pengguna lain. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat catatan, menulis, highlight secara langsung di halaman web atau mencorat-coret di halaman tersebut.

Untuk menggunakannya hanya cukup mengklik tombol 'Make a Web Note' lalu bar ungu akan muncul beserta ikon-ikon spidol, pen, penghapus, dan lain-lain. Ikon-ikon inilah yang bisa digunakan untuk meng-highlight, menulis, mewarnai, meletakkan komen dsb pada halaman web di layar anda.

Melakukan Pin di Edge Browser Pada Situs Web ke Start Menu

Jika sering mengunjungi sebuah situs web dan ingin pin jalan pintas website tersebut ke Start Menu, maka sederhana saja. Cukup kunjungi situs web itu dengan menggunakan Edge dan klik pada menu (gambar tiga titik) di atas kanan pojok untuk membuka menu. Setelah itu klik "Pin this page to Start", dan ikonnya akan disematkan ke Start Menu.

Cara Backup Atau Ekspor Favorit Edge Pada Windows 10

Sebaiknya backup atau ekspor favorit browser Microsoft Edge Anda sebelum Anda mereset ulang browser Edge Anda, atau menginstal ulang OS Windows 10 untuk mengatasi beberapa masalah yang mengganggu.

Sampai sekarang, Microsoft Edge tidak memiliki opsi atau fitur untuk membackup atau mengekspor favorit browser Anda ke file. Kita harus menggunakan alat pihak ketiga yang disebut EdgeManage untuk mengekspor favorit Edge. Para pengguna browser Edge telah meminta Microsoft untuk membuat fitur atau opsi untuk mengekspor favorit ke file seperti Google Chrome dan Firefox.

Dimulai dengan Pembaruan Pembuat Windows 10, browser Microsoft Edge mendukung semua ekspor favorit ke file HTML, sehingga memudahkan pengguna Windows 10 untuk membuat cadangan/ backup favorit Edge ke file.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengekspor favorit Edge ke browser pihak ketiga lainnya seperti Firefox dan Chrome walaupun kedua browser ini memiliki opsi built-in untuk mengimpor favorit dari browser Edge. Dengan pilihan untuk mengekspor favorit ke file, browser Edge sekarang dapat dengan mudah mengimpor dan mengekspor favorit.

Mengekspor favorit browser Edge ke file cukup mudah dan bisa dilakukan dalam satu menit:

Langkah 1: Buka browser Edge. Klik ikon Hub (lihat gambar di bawah) dan kemudian klik Settings untuk membuka panel Settings.

cara backup favorit di microsoft edge

Langkah 2: Di bawah “Import favorites” dan bagian info lainnya, ada tombol yang disebut “Import from another browser”. Klik tombol tersebut.

cara ekspor favorit edge

Langkah 3: Sekarang, di bawah bagian “Import or export a file “, klik tombol Exsport a file untuk membuka dialog Save as.

cara membuat cadangan favorit microsoft edge

Catatan: Jika tombol “Import or export a file“ tidak ada, itu karena Anda belum menginstal Windows 10 Creators Update.

Langkah 4: Masukkan nama untuk file HTML Anda yang mengandung data favorit browser dan pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut sebelum mengklik tombol Save. Secara default, browser Edge menyimpan file HTML dengan nama Microsoft_Edge_Favortes_date di folder Documents.

No comments:

Post a Comment